Sabtu, 09 Februari 2013

7 CARA MEMBUAT SLIDE PRESENTASI YANG BAGUS


Nah… sobat semua yang baru memulai mencoba membuat presentasi atau tugas dari guru,Dosen,dan privat, atau bahkan mencoba belajar..

Slide Presentasi yang bagus itu seperti apa sih ? Tentunya jika berbicara soal bagus atau tidak bagus akan sangat bergantung pada selera masing-masing. Wah, susah donk… ya nggak juga sih.

Saya akan beri sedikit ilustrasi. Pernahkah anda menghadiri sebuah seminar dimana sang pembicara menampilkan slide presentasi yang penuh dengan tulisan ? Bahkan agar tulisannya muat dalam satu slide, beliau terpaksa menggunakan Font dengan ukuran kecil ? pernah ? nah, gimana rasanya ?
Pasti dalam benak kita akan bertanya : “Ini Slide atau koran ?”
Jadi bagaimana agar Presentasi kita menjadi Presentasi yang bagus ? Banyak sekali caranya. Beikut adalah 7 Cara membuat Slide yang bagus :

1. Batasi satu Slide hanya untuk satu Pesan
Usahakan untuk tidak mengumbar banyak ide dalam satu Slide. Cukup Fokus pada satu ide di setiap Slide. Dengan demikian Audiens anda akan mudah mengerti dan mengingat ide yang disampaikan.

2. Keep it Simple (KIS)
PowerPoint memang menyediakan banyak fasilitas visual efect yang bisa ditampilkan. Tapi jika menampilkannya disaat yang tidak tepat, justru membuat Slide anda tampak rumit dan menyakitkan mata.
Jagalah Slide anda tetap simple dan enak dilihat.

3. Berikan Statement, Bukan Cerita
Jika anda ingin menyampaikan sebuah penjelasan, jangan tuliskan penjelasan itu dalam Slide anda. Pastinya akan jadi panjang sekali dan tidak enak dilihat. Buatlah ringkasan atau kesimpulan dari penjelasan anda tersebut. Selanjutnya serahkan tugas untuk memperkuat statement tad kepada pembicara.

4. Berbicaralah dalam bahasa gambar
Otak manusia lebih mudah menyimpan informasi gambar daripada tulisan. Jadi buatlah gambar ilustrasi untuk mewakili kalimat yang ingin disampaikan. Gambar yang disajikan harus benar-benar berhubungan dengan hal yang ingin disampaikan.

5. Lupakan Bullet Point
PowerPoint kerap ‘memaksa’ kita untuk menggunakan fasilitas Bullet Point dalam template nya. Padahal fungsi ini terlihat sangat ‘garing’.
Lebih baik sampaikan dalam bentuk lain. Banyak cara untuk menyampaikan daftar selain dari Bullet Point.

6. Pilih Font dengan Bijak
Saat ini memang banyak sekali jenis Font yang terlihat bagus dan aneh-aneh. Tapi biasanya itu hanya bagus untuk dipergunakan pada design Poster.
Untuk sebuah Slide Presentasi, upayakan menggunakan Font dan ukuran yang mudah terbaca.

7. Let it Flow
Ya… buatlah Presentasi anda mengalir dengan urutan yang teratur. Tidak lompat-lompat dan tidak berulang.
Nah, kira-kira seperti itulah kira-kira 7 langkah yang bisa anda terapkan dalam membuat Slide Presentasi yang bagus.

Semoga bermanfaat artikel dari saya ini.

Salam Kreatif

1 komentar: